Gejala Alam Abiotik - IPA FISIKA SMK

Gejala Alam Abiotik

Gejala Alam Abiotik

Kita sudah memperlajari sebelumnya gejala alam Biotik. Sekarang kita akan mempelajari gejala alam Abiotik. Apa bedanya ?
Gejala Alam Abiotik

Gejala Alam Abiotik  ada dua, pertama Gejala Alam Abiotik Kebendaan : Tanah, Batuan, Air, Cuaca dan Iklim

Kalau kita lihat Gejala Alam Abiotik kejadian, misalnya Bencana Tsunami, Terbentuknya angin, Tercipatnya hujan, Gerak rotasi bumi dan gerak semu harian bintang,  Pelangi dll

Geajala Alam Abiotik Kebendaan
Untuk mendalami pemahaman tentang Gejala alam abiotik silahkan pelajari dengan klik link tauatan berikut :
 
Gejala Alam Abiotik Kejadian
1) Bencana tsunami
Penyebab terjadinya bencana alam tsunami adalah pergeseran lempeng – lempeng yang ada di dasar laut. Lempengan bumi bergesar sehingga menciptakan cekungan yang kemudian terisi air laut. Maka dari itu sebelum terjadi tsunami, air laut tampak surut terlebih dahulu. Setelah cekungan terisi penuhj maka ada dorongan sehingga menimbulkan gelombang.

2) Terbentuknya angin
Perubahan dan perbedaan pada suhu serta tekanan udara menghasilkan angin. Angin yang berhembus mampu menjadi alat penyerbuk pada tanaman dan juga berguna bagi kehidupan makhluk lainnya.

3)Terciptanya hujan
Hujan merupakan gejala alam abiotik karena terjadi akibat uapan air. Hujan turun ke bumi setelah melalui serangkaian siklus hidrologi yang terjadi secara berulang-ulang. Turunnya hujan juga di pengaruhi oleh pergerakan angin.

4)Gerak rotasi bumi dan gerak semu harian bintang
Pergreakan rotasi bumi akan mengakibatkan pergantian siang dan malam. Selain itu, gejala alam abiotik juga dapat dilihat dari pergerakan semu harian bintang akibat dari rotasi bumi yang berputar. Jika kamu setiap malam melihat bintang seolah bergerak, itu sebenarnya adalah bumi yang berputar pada rotasinya.

5) Pelangi
Pelangi adalah gejala alam abiotik karena terjadi akibat pembiasan dari sinar matahari di dekat sumber mata air (butir-butir air). Sinar matahari yang melewati tetesan air akan mengeluarkan cahaya warna-warni seperti kaca prisma.

Sebagai Absensi ananda silahkan memberikan komentar pada kolom komentar dibawah, komentarnya adalah jawaban dari pertanyaa APA BEDANYA  gejala alam biotik dengan gejala alam abiotik ?

20 komentar

  1. Nama:Ani Saputri
    Kls :X AKL
    Komentar: pak saya kurang mengerti mengenai pengertian abiotik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (benda-benda mati). Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup.

      Hapus
  2. Nama: Dela Kartika
    kelas:X AKL
    Komentar:Mengapa Kejadian terbentuknya Angin merupakan Kejadian gejala Alam abiotik?knpa tidak biotik pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Ainil Mardiah
      Kls:x AKl
      Komentar:- komponen abiotik merupakan segala benda mati baik bersifat fisik dan kimia yang mempengaruhi suatu ekosistem
      -biotik: merupakan semua komponen mahluk hidup dalam ekosistem seperti hewan dan tumbuhan

      Hapus
    2. Ainil madiah sudah bantu menjawab duluan. Sudah dijelaskan oleh ainil mardian komponen biotik dan abiotik. Dari penjelasan itu, apakah angin termasuk biotik ?. Jawabannya tentu saja tidak, maka Proses pemkejadian terbentukknya angin adalah salah satu gejala alam biotik berdasarkan kejadian.

      Hapus
  3. Nama:Ainun zalwa
    Kelas:X Akl
    Komentar:selain dari gejala di atas seprti terjadinya tsunami,terbentuknya angin,terciptanya hujan,gerak rotasi bumi dan gerak semu harian bintang,pelangi
    apakah masih ada gejala yang trmasuk ke dalam golongan abiotik berdasarkan abiotik kejadiannya pak??
    Trima kasih��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat banyak contoh gejala alam abiotik yang lainnya, misal : gempa bumi, gunung meletus, hujan, tanah longsor, banjir, pelapukan batu, hujan asam, salju mencair saat udara panas, dll

      Hapus
  4. Fikri Dimas Ardiansyah5 Agustus 2020 pukul 11.25

    Nama: Fikri Dimas Ardiansyah
    Kls :x AKL
    Komentar:pak saya kurang mengerti mengenai terbentuknya angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses terbentuknya angin adalah berawal dari perbedaan tekanan udara antara udara bertekanan tinggi dan udara bertekanan rendah. Udara itu akan bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke tempat bertekanan udara rendah. Pergerakan inilah yang kemudian disebut angin.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama:ALFARIK RIZKI
    Kelas:x AKL
    Komentar:jawabannya adalah
    Perbedaan antara gejala alam biotik dan abiotik adalah gejala alam biotik disebabkan oleh makhluk hidup sedangkan gejala alam abiotik disebabkan benda tak mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfarik Rizki, coba lihat lagi jawabannya pada kalimat terakhir (gejala alam abiotik disebabkan benda tak mati). Perbaikannya adalah gejala alam abiotik disebabkan benda tak hidup atau benda mati.

      Hapus
  7. Nama : Abdul Jamil
    Kelas : X OTKP
    Komentar: Mengenai Tsunami, itukan adalah peyebab Tsunami. Pertanyaannya apakah aca contoh lain penyebab Tsunami?, seperti ulah manusia misalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikaji secara ilmiah, Tsunami terjadi akibat gempa sehingga mengakibatkan pergeseran lempeng yang ada dalam lautan, dan air masuk ke dalam pergeseran tersebut. Kalau akibat manusia bisa dilihat secara kajian Agama islam bahwa tsunami terjadi bisa sebagai bencana atau teguran allah kepada manusia yang disebabkan oleh perbuatan manusia sudah tidak lagi sesuai aturan agama dan aturan adat isti ada setempat. Dalam Alquran allah mengatakan Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan manusia, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Al-Rûm [30]: 41)

      Hapus
  8. Nama:Wahid Risli
    Kelas:X OTKP
    Komentar:Angin yang berhembus dapat membantu alat penyerbukan tanaman,maksud dari pernyatan tersebut adalah?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahid Rilis. Yang dibahasa dalam gejala alam abiotiknya adalah terbentuknya angin karena perbedaan suhu dan tekanan yang merupak abiotik.

      Untuk maksud dari angin membantu penyebukan tanaman
      Penyerbukan dengan Bantuan Angin (Anemogami)
      Penyerbukan dengan bantuan angin disebut juga dengan istilah anemogami atau anemofili. Jenis penyerbukan ini bisa terjadi pada bunga tumbuhan karena bantuan angin yang berhembus.

      Proses penyerbukan ini terjadi saat angin meniup serbuk sari sehingga terlepas dari tangkainya sehingga ia dapat masuk ke dalam kepala putik. Penyerbukan dengan bantuan angin umumnya terjadi pada bunga dengan mahkota kecil dan warnanya tidak mencolok.

      Selain itu bunga pada penyerbukan ini biasanya tidak mempunyai kelenjar madu (nektar), serbuk sarinya ringan, kepala putiknya besar, mempunyai tangkai sari yang panjang, dan jumlah serbuk sarinya banyak.

      Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan angin antara lain adalah kelapa, rumput, jagung, padi, kelapa sawit, dan lain-lain.

      Kejadian angin membantu penyebukan adalah gejala alam abiotik, angin termasuk komponen abiotik.

      Hapus
  9. Nama :Mustapa Harun NST
    Kelas :X OTKP
    Komentar:Hujan merupakan gejala alam abiotik karena terjadi akibat uapan air.(seperti yang saya pelajari di SMP hujan bermacam macam seperti hujan asam )apakah yang dimaksud dengan hujan asam?

    BalasHapus
  10. Nama :Amanda putri
    Kelas :X OTKP
    Komentar :Saya kurang paham mengenai
    gejala alam abiotik kebendaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gejala alam abiotik kebendaan adalah gejala alam abiotik yang dilihat pada benda abitoiknya. Misal Air, tanah, batuan, iklim dll

      Hapus